Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng yang terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dataran Tinggi Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu Dieng berkisar 12-20 °C di siang hari dan 6-10 °C di malam hari. Pada musim kemarau antara bulan Juli hingga Agustus, suhu udara dieng terkadang dapat mencapai 0 °C di pagi hari. Suhu ini memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas atau embun racun karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian. Julukan Negeri diatas Awan pun pantas di sematkan bagi Dieng Plateau. 

Kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu tempat wisata popular di Indonesia yang memiliki banyak obyek wisata. Jarak antara tempat wisata satu dengan yang lainnya tidaklah jauh. Bagi para pelancong yang sedang mengadakan liburan ke Jawa Tengah sepertinya wajib mengunjungi Kawasan wisata ini.


Bukit Sikunir (The Golden Sunrise)
Mencari Golden Sunrise yang indah, cukup berkunjung ke bukit sikunir. Bukit sikunir mempunyai ketinggian 2463 mdpl yang terletak di desa sembungan. Untuk sampai ke lokasi ini, Anda bisa menyewa sepeda motor ke homestay tempat Anda menginap. Opsi lainnya bisa langsung ke penyewaan khusus sepeda motor di Dataran Tinggi Dien. Bukit Sikunir lebih favorit untuk melihat Golden Sunrise bila dibandingkan Gunung Prau. Hal ini karena lokasinya yang lebih mudah di capai apabila ingin melihat Golden Sunrise.


Wisata Candi Hindu Tertua di Pulau Jawa
Wisata lain yang bisa kita kunjungi saat berada di Dieng Plateau adalah obyek wisata candi-candi Hindu Shiwa. Candi-candi ini konon di bangun pada permulaan abad ke-7 dan merupakan candi hindu tertua di Pulau Jawa. Candi Hindu Shiwa ini terletak di komplek Candi Arjuna. Candi-candi ini diantaranya adalah Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra) Candi Setiaki, Candi Dwarawati, Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Wisanggeni.


Wisata Telaga Yang Indah
Tak hanya wisata candi, Dataran Tinggi Dieng juga menawarkan wisata telaga yang bisa di kunjungi. Telaga cantik di Dataran Tinggi Dieng terbentuk akibat letusan-letusan pegunungan Dieng yang mengakibatkan terpanaskannya air dalam perut bumi yang keluar.

Telaga Warna merupakan salah satu obyek wisata favorit di Dieng Plateau. Telaga warna memancarkan warna-warna yang berbeda. Terkadang terlihat seperti warna hijau dan biru, lalu kadang juga berwarna silver agak kuning dan juga coklat. Warna-warna tersebut berasal dari kandungan air belerang pada air telaga yang terpantulkan oleh sinar matahari.
Selain Telaga Warna, ada beberapa telaga-telaga Dieng yang juga bisa dikunjungi. Yang terdekat dan bersebelahan yaitu Telaga Pengilon. Nama Telaga Pengilon berasal dari kata Pengilon yang merupakan bahasa jawa dengan arti tempat berkaca / kaca. Air Telaga Pengilon yang jernihnya sebening kaca.

Kemudian ada Telaga Menjer yang sering disebut Bukit Seroja Telaga Menjer Dieng. Letaknya berada di kaki pegunungan atau Dataran Tinggi Dieng. Dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Gunung Kembang membuat Telaga Menjer semakin menarik dan indah.

Lalu, Telaga Merdada yang merupakan danau terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Meskipun merupakan telaga terluas, telaga ini tidak memiliki sumber mata air. Seluruh air yang menggenangi telaga ini merupakan tampungan air hujan.


Bagi Anda yang hobi berkemah dan ingin menikmati Golden Sunrise Bukit Sikunir, bisa mendirikan tenda di dekat Telaga Cebong. Yaaa…Lokasi Telaga Cebong berada disebelah barat Gunung Sikunir. Dengan bentuk menyerupai cebong/berudu, mungkin nama Cebong pada telaga ini berasal dari bentuk itu.

Bersambung…


KaosFamilyGathering.net
Produsen kaos yang berfokus untuk memproduksi kaos family gathering yang keren dengan menawarkan kualitas pengerjaan yang cepat, harga murah dan produk kaos yang nyaman.
Kami membuat kaos family gathering dengan beragam model dan menyediakan berbagai pilihan jenis bahan kain berkualitas.

Bila Anda berencana berlibur ke Dataran Tinggi Dieng dan sedang mencari produsen Kaos Family Gathering berkualitas serta nyaman, bisa menghubungi kami.

KonveksiJakarta.com

Konveksi Jakarta

KonveksiJakarta.com adalah Konveksi garment dan percetakan yang memproduksi berbagai produk seperti kaos oblong, polo shirt, seragam kerja, seragam kantor, jaket, hoodie, topi, tas promosi, apron/celemek, handuk bordir, mug sablon, promotional product dan sebagainya.

"Kami terus berkembang dan berusaha membuat produk yang lebih baik."

Post a Comment

  1. Saya sudah beberapa kali ke Dieng, cuma pernah mampir ke candinya saja. Suatu saat nanti harus nyobain pergi ke telaganya.

    ReplyDelete