Bahan kain Cotton Carded (Katun Carded) merupakan jenis kain yang masih satu jenis dengan kain cotton combed. Keduanya terbuat dari jenis bahan yang sama yaitu kapas atau cotton. Perbedaan cotton carded dan cotton combed terletak pada kualitas benang yang digunakan untuk membuat kain tersebut.

Berbicara mengenai benang atau disebut juga yarn, tentu berkaitan dengan bagaimana proses benang cotton carded tersebut dibuat sebelum akhirnya ditenun menjadi lembaran kain.

Kenapa kita harus mengetahui proses pembuatan benangnya ?
Karena dari sinilah perbedaan diantara kedua jenis kain katun tersebut.

Cotton Carded (Katun Carded)
Secara umum jenis kain Cotton Carded (Katun Carded) memiliki rasa yang sedikit agak kaku dan kasar/kurang lembut bahan kainnya dibandingkan cotton combed. Permukaan kain yang sedikit agak kasar/kurang lembut ini disebabkan karena kualitas proses benang yang digunakan pada cotton carded dibuat dari bahan serat kapas yang lebih pendek dibandingkan cotton combed.

Proses pembuatan benang dengan kualitas terbaik, seharusnya melewati proses Combing (Menyisir). Proses Combing (Menyisir) merupakan proses tambahan yang fungsinya untuk mendapatkan serat kapas yang panjang, kemudian memisahkan dan menyingkirkan serat-serat kapas yang pendek, termasuk juga membuang kotoran yang mungkin terlewat. Serat kapas ini nantinya akan digunakan untuk membuat benang menjadi lebih halus, lembut dan berkualitas. Nah, untuk kain cotton carded tidak melewati proses Combing (Menyisir) ini sehingga kualitas benangnya pun di bawah cotton combed.

Kain Cotton Carded bisa dibilang merupakan versi murahnya kain jenis katun. Proses produksi kainnya yang lebih cepat membuat harganya pun bisa menjadi lebih murah dibandingkan kain cotton combed. Selain itu, kualitas benangnya juga tidak sebaik cotton combed.

Setiap pabrik kain tentu akan menghasilkan kualitas produk yang mungkin sedikit berbeda. Hal ini biasanya dikarenakan ada perbedaan dari faktor kualitas bahan baku kapas yang digunakan, perbedaan proses produksi, quality control produknya, serta proses washing dan finishingnya. Inilah yang menyebabkan bahan kain cotton carded ataupun cotton combed dari pabrik satu dengan yang lainnya berbeda kualitas, tekstur kelembutannya, dan lebar kainnya.

Nah, sekarang kita jadi lebih tahu mengapa kain cotton carded tidak selembut cotton combed dan harga kain cotton carded bisa lebih murah dibandingkan cotton combed.

Jika kalian mengutamakan kenyamanan dalam pembuatan kaos, gunakanlah jenis kain katun. Bila budget tidak terlalu besar, kamu bisa menggunakan jenis kain cotton carded. Selain lebih ekonomis, tingkat kenyamanan ketika dipakai pun tidak berbeda jauh di bandingkan cotton combed. 

Jika budgetnya memang agak besar, gunakanlah jenis kain cotton combed karena kualitasnya yang lebih baik, lebih lembut dan lebih halus.
KonveksiJakarta.com

Konveksi Jakarta

KonveksiJakarta.com adalah Konveksi garment dan percetakan yang memproduksi berbagai produk seperti kaos oblong, polo shirt, seragam kerja, seragam kantor, jaket, hoodie, topi, tas promosi, apron/celemek, handuk bordir, mug sablon, promotional product dan sebagainya.

"Kami terus berkembang dan berusaha membuat produk yang lebih baik."

Post a Comment